profil

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Prodi PGMI 2012

Rabu, 05 November 2014

tugas Aplikom 5 artikel umum



Penyebab Alergi disekitar Kita
Alergi berasal dari bahasa Yunani, allon dan argon, yang berarti 'reaksi yang berubah'. Alergi disebut juga hipersensitif. Suatu reaksi antigen yang dapat menyerang semua organ tanpa terkecuali, anak-anak hingga dewasa. Mulai ujung rambut hingga ujung kaki. Bahayanya, berbagai komplikasi mungkin bisa terjadi. Sangat berbahaya jika sampai menggaggu fungsi otak.
Jika fungsi otak terganggu, akan menyebabkan gangguan konsentrasi, emosi, juga keterlambatan bicara. Penyebab alergi ini hingga kini dipercaya merupakan berbagai jenis zat yang mungkin menimbulkan berbagai reaksi alergi. Zat inilah yang disebut alergen. Penyebab alergi di sekitar kita dapat digolongkan berdasarkan cara masuknya.
Alergen Ingestan
Alergen ingestan adalah penyebab alergi yang masuk melalui saluran pencernaan. Contohnya, udang, makanan laut, telur, susu sapi, bawang, kacang kedelai, jagung, tepung jagung, kacang tanah, kacang panjang, ayam, jeruk, cokelat, mangga, atau buah-buahan lainnya. Jika memakannya, tubuh akan bereaksi. Misalnya, mual, gatal-gatal, lain sebagainya.
Alergen Inhalan
Alergen inhalan adalah penyebab alergi yang masuk melalui pernafasan. Contohnya, debu, jenis pohon yang berkulit halus dan tipis, serbuk sari dari bunga, serbuk spora, jenis rumput tertentu, bulu binatang, atau tungau pada kapuk. Jika terhirup oleh hidung, biasanya reaksi yang terjadi adalah bersin-bersin dengan frekuensi sangat sering.
Alergen Injektan
Alergen injektan adalah penyebab alergi yang masuk melalui suntikan. Biasanya, berasal dari obat-obatan. Contoh, antibiotik penisilin, sulvonamid, antikonvulsan. Reaksi yang muncul biasanya mual, pusing, dan sebagainya.
Alergen Kontakan
Alergen kontakan adalah penyebab alergi yang menyerang karena adanya kontak dengan kulit. Contoh, penggunaan kosmetik tertentu, perhiasan atau aksesoris yang terbuat dari logam, jam tangan dari bahan kulit tertentu. Bahkan, sengatan serangga. Reaksi yang muncul biasanya gatal-gatal yang berlebihan pada kulit.
Alergi, biasanya, adalah penyakit turunan. Kabar buruknya, alergi merupakan suatu kondisi yang tidak bisa dihilangkan, hanya bisa dikurangi.
Tip Mengatasi Alergi
Berikut ini adalah beberapa tip mengatasi alergi.
  1. Kenali penyebabnya dan hindari. Jika anda sudah tau penyebab alerginya, hindari alergen tersebut sejauh mungkin. Jika tidak, alergi dapat menyerang Anda kapan saja.
  2. Lakukan tes ke laboratorium untuk memastikan apakah Anda terkena alergi atau penyakit lainnya.
  3. Jika sudah divonis alergi, gunakan obat dengar resep dokter karena alergi ini sangat riskan.
  4. Bawa obat untuk mengurangi alergi ke mana pun Anda pergi. Hal ini perlu untuk memperingan reaksi alergi yang muncul.
  5. Sugesti diri Anda. Ini adalah cara yang ampuh untuk mengurangi alergi karena kadang sebagian orang justru dikalahkan oleh ketakutannya sendiri. Jadi, lawanlah dengan mensugesti diri Anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar